Kamis, 23 Juni 2016

CONTOH LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU



LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
PRIMKOPAD A-04 KABUPATEN CILACAP
Jl. Jendral Soedirman – Cilacap

Disusun dan diajukan untuk melengkapi salah satu syarat
Mengikuti UN (Ujian Nasional) pada sekolah Menengah Kejuruan
Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu
Tahun Ajaran 2015/2016


   


Disusun Oleh :
          Nama                     : Siti Nur Halimah
          NIS                        : 141515211
          Kelas                     : XI Akuntansi 5
          Bid. Keahlian        : Akuntansi
          Prog.  Keahlian     : Bisnis dan Management

YAYASAN KADER PENERUS TEKNOLOGI (YKPT)
SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU
Jl. Raya Gandrungmangu No. 200 Gandrungmangu, Cilacap (53254)
TAHUN PELAJARAN  2015/ 2016



YAYASAN KADER PENERUS TEKNOLOGI
SMK BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU
Jl. Raya Gandrungmangu No. 200 Telp. (0280) 6260666
 


PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan ini disetujui dan disahkan untuk dapat diterima sebagai salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN).

Disetujui dan disahkan pada :
Hari                    :
Tanggal              :


Menyetujui,
      Ketua Program Keahlian                                            Guru Pembimbing
                                                                                                       


       Ike Tumiyatun, R, SE                                               Eni Rosati, SE


Mengetahui,
Kepala SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu



Dewan Twi Kusumaningtyas, S.Hum





LEMBAR PENGESAHAN INSTANSI

Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini telah disetujui dan disahkan pada:



Hari                 :
Tanggal           :



Mengesahkan,
              Pemimpin Instansi                                            Pembimbing Instansi
                                                                                                       



                   SISWOYO                                                  P. EKO SUSANTI
          NIP.                                                                 NIP. 1969126919903 2 003



MOTTO

1.      Kesempatan tidak datang dua kali dan raihlah cita-citamu setinggi langit.
2.      Awal dan ketentuan yang baik adalah harta yang paling indah didunia.
3.      Gunakan pikiranmu itu, sebagai tanda kau masih hidup.
4.      Never put off hill tomorrow what you can to day.
5.      Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah-nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan prakek industri (prakerin) ini. Pada dasarnya tujuan dibuatnya laporan prakerin ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti ujian nasional serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca dan memahami keadaan lingkungan diluar sekolah. Penulis berharap dengan terselesaikannya laporan ini penulis dapat mengetahui lebih dalam mengenai dunia kerja. Dalam hal ini penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada:
1.       Dewan Twi Kusumaningtyas, S.Hum, selaku Kepala SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan PSG.
2.       Ike Tumiyatun, SE selaku Kepala Jurusan.
3.       Eni Rosati, SE, selaku guru pembimbing.
4.       Siswoyo, selaku pemimpin instansi PRIMOPAD A-04.
5.      P. eko Susanti, selaku pembimbing instansi PRIMOPAD A-04.
6.      Orang tua yang telah membantu dalam penyusunan laporan prakerin.
7.      Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan prakerin.
Sudah tentu kekurangan akan terdapat dalam laporan ini, karena itu saran dan kritik yang sifatnya membangun.

Gandrungmangu,.....................................2016
                                                                                    Penulis


                                                                            Siti Nur Halimah



DAFTAR ISI

HALAM JUDUL....................................................................................        i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH...........................................        ii
HALAMAN PENGESAHAN INSTANSI...........................................        iii
MOTTO...................................................................................................        iv
KATA PENGANTAR............................................................................        v
DAFTAR ISI..........................................................................................        vi
BAB I   PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang...................................................................        1
B.       Rumusan Masalah..............................................................        1
C.       Tujuan dan Manfaat...........................................................        1
BAB II  KAJIAN TEORI
A.      Prinsip Kerja.......................................................................        2
B.       Cara Kerja..........................................................................        2
C.       Klasifikasi..........................................................................        3
BAB III PROFIL PERUSAHAAN
A.    Sejarah Perusahaan.............................................................        5
B.     Struktur Organisasi............................................................        6
C.     Tata Tertib..........................................................................        6
D.    Jam Kerja...........................................................................        7
E.     Denah lokasi.......................................................................        8
BAB IV PEMBAHASAN
1.        Mengelola Sisa Persediaan ................................................        9
2.        Mengelola Buku Besar.......................................................        10
3.        Mengelola neraca lajur.......................................................        10
4.        Mengisi nota penjualan tunai.............................................        11
5.        Mengisi Nota Penjualan Kredit..........................................        12
6.        Melayani pembelian...........................................................        12
BAB V  PENUTUP
A.    Kesimpulan........................................................................        13
B.     Saran..................................................................................        14


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemajuan zaman semakin maju maka harus siap bersaing dalam dunia bisnis, begitu juga dalam pendidikan harus berjalan bersamaan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu setiap sekolah menengah kejuruan untuk dapat mempersiapkan anak didiknya untuk persaingan di dunia bisnis.
Program Praktek Kerja Industri juga diharapkan bisa meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan pengguna tenaga kerja. Program Praktek Kerja Industri juga diharapkan bisa menjadi pedoman bagi siswa yang tidak melanjutkan kejenjang berikutnya dan bisa bekerja sehingga di lapangan kerja sudah telatih dengan demikian program prakerin sangat berperan penting bagi siswa.
B.     Rumusan Masalah
Setelah penulis melaksanakan prakerin maka penulis dapat merumuskan beberapa masalah antara lain:
1.      Bagaimana cara mengelola persediaan barang bulan januari 2016?
2.      Bagaimana cara mengelola buku besar?
3.      Bagaimana cara mengelola neraca lajur?
4.      Bagaimana cara pengisian nota penjualan tunai?
5.      Bagaimana cara pengisian  nota penjualan kredit?
C.    Tujuan
1.      Meningkatkan pengetahuan dan efisiensi siswa dalam dunia kerja.
2.      Memperoleh link dan maech (berkaitan dan kesepadanan antara sekolah  dan dunia Usaha)
3.      Menghasilkan calon tenaga kerja yang terampil, tingkat pengetahuan yang cukup serta etos kerja yang sesuai dan  tuntutan lapangan kerja.
4.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan yang berkaualitas serta professional.
5.      Menghayati suasana IKUM kerja dalam situasi yang sesungguhnya.



BAB II
KAJIAN TEORI

A.    PRINSIP KERJA
Prinsip Praktek Kerja Industi di Kantor Koperasi Primer Angkatan Darat Kodim 0703 Kabupaten Cilacap Pelaksanaan Prakerin menggunakan system secara Rolling yakni siswa Praktek Kerja Industri dibagi dalam kelompok, masing-masing siswa bekerja sesuai bidang yang ditugasi oleh pembimbing.
Ada dua bidang yang dibagi dalam kelompok siswa praktek kerja industi yaitu:
1.      Bidang penjualan Koperasi Kodim 0703
2.      Bidang di dalam Kantor Kodim 0703
Siswa Prakerin lima hari dalam satu minggu di Kantor Koperasi Primer angkatan darat kodim 0703 dan prisip pelaksanaan prtaktek kerja industry pada SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu praktek kerja sesuai dengan jam kerja di dunia kerja.
B.     Cara Kerja
Cara kerja siswa prakerin di Kantor Primer Angkatan Darat Kodim 0703:
1.      Jumlah siswa prakerin SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu sejumlah 6 orang/siswa.
2.      Masing-masing siswa dikelompokan sesuai bidang yang ada di kantor kodim 0703.
3.      Masing-masing bidang ditempati 3 siswa.
4.      Maing-masing siswa bekerja sesuai dengan yang ditugasi.
5.      Pekerjaan yang dikerjakan siswa sesuai petunjuk dari kepala bidang/sub/ bidang dengan bimbingan staf pada bidang yang bersangkutan.
6.      Tugas yang dikerjakan oelh siswa sesuai kemampuan dair jurusan yang dimiliki sesuai sekolahnya.
7.      Hasil pekerjaan yang dihasilkan siswa diserahkan kepada staff bdiang yang ditempati/diuji.
8.      Hasil penilaian terhadap pekerja yang dikerjakan siswa dinilai oleh kepala bidang/kepala sub bidang dimana siswa bertugas.
C.    Kalsifikasi
Tugas pokok dan tanggung jawab masingömasing jabatan pada PRIMKOPAD A-04
1.      Tugas dan tanggungjawab ketua
a.       Memimpin, koordinir dan mengendalikan serta mengawasi pelaksanaan tugas dan perka anggota pengurus lainnya termasuk unit usaha.
b.      Memimpin Rapat Anggota / Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bertindak atas nama pengurus menyajikan Renja RAPB tahun yang akan datang pada forum RA dan memberikan laporan pertanggung jawaban selama satu bulan kerja berjalan revisi yang diperlukan pada forum RAT.
c.       Pemimpin Rapat pengurus dan Rapat Pengurus dengan pimpinan unit usaha dan atau pengurus
d.      Memberhentikan keputusan akhir dalam kepengurusan koprasi dengan memberitahukan usul/saran dari anggota pengurus lainnya.
2.      Tugas dan tanggungjawab komisaris urusan tehnik perkoperasian/ penjaualan
a.       Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada ketua PRIMKOPAD mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
b.      Melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pemeliharaan barang dan teknik berkoprasian pada PRIMKOPAD.
c.       Bersama ketua mengesankan surat-surat / notulen rapat dan surat tertentu lainnya yang berhubungan dengan organisasi perkoperasian.
3.      Tugas dan tanggungjawab komisaris urusan usaha (komisaris)
a.       Menyampaikan pertimbangan dan saran kepada primkopad mengenai hal – hal yang berhubungan dengan tugasnya.
b.      Menatap, mengendalikan  dan mengembangkan kegiatan anggota maupun kepentingan umum.
c.       Merintis usaha-usaha dibidang perdagangan umum, produksi industri dan jasa menyangkut kebutuhan konsumsi anggota dan masyarakt pada umumnya.
d.      Meningkatkan dan mengembangkan usaha-usaha dengan mitra baik untuk kepentingan anggota – anggota masyarakat pada umumnya.
4.      Tugas dan tanggungjawab Komisaris Urusan Perbenderaan (Komurben)
a.       Menyiapkan pertimbangan dan saran kepada ketua primkopad mengenai hal-hal yang berhubungan dengan tugasnya.
b.      Menyelenggarakan pembinaan system administraasi dan pembukuan keuangan pada primkopad.
c.       Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data/keterangan bidang administrasi perbendaraan,
5.      Tugas dan tanggungjawab Kelompok Administrasi (Pokmin)
a.       Menyelenggarakan administrasi dan surat menyurat serta ketatausahaan kantor primkopad.
b.      Menyelenggarakan administrasi peningkatan keterampilan personil primkopad dan menerangkan perkoprasian di lingkungan
c.       Mengatur administrasi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kepada primpokad.
6.      Tugas dan tanggungjawab Unit Usaha
a.       Untuk usaha primkopad adalah Badan Pelaksanaan Usaha perkoprasian yang melaksanakan pengurusan usaha produksi dan jasa termasuk pelayanan kepada anggota.
b.      Peraturan dan pedoman kerja yang menyangkut kedudukan dan kewajiban serta wewengan para manager untuk ditempatkan tersendiri dengan surat keputusan pengurus.



BAB III
PELAKSANAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

A.    Sejarah Perusahaan
Sejarah singkat berdirinya PRIMKOPAD A-04 Kodim 0703.
Sebelum terbentuknya PRIMKOPAD (Primer Koperasi Angkatan Darat) sebenarnya telah berdiri koprasi IKAT (Ikatan Kesejahteraan Anggota Tentara). Namun dengan adanya kemajuan dan penyempurnaan maka IKAT DAM VII DIPONEGORO dihapus, sesuai dengan Keputusan (Skep) Pang Dam VII Diponegoro/DIML NO.31/09/1967 tertanggal: 3 April 1967 yaitu tentang penghapusan tersebut.
Sesuai dengan Ketetapan Mentri Panglima Angkatan Darat (MENPANGAD) yaitu Tap No.240-15 tertanggal 17 september 1963 dan instruksi No. 240-15 tanggal 17 september berdirilah Pusat Koprasi Angkatan Darat (PUSKOPAD) dalam tubuh organisasi, maka Koprasi Angkatan Darat (KOPAD) ditetapkan dan Angkatan Darat (AD) mempunyai asas dan berdasarkan komando (terpimpin) sebagai salah satu usaha  untuk mewujudkan kesejahteraan anggota angkatan darat (AD) beserta seluruh anggotanya.
Tanggal 6 September 1969 koprasi angkatan darat berbadan hukum No. 139/49/A-04/1969 karena perkembangan dari masa kemasa sebelum KOPAD dibentuk IKAD, namun tidak mengalami kemajuan maka pada saat itu pimpinan AD mengadakan musyawarah untuk membicarakan angkatan darat diantaranya anggota dari keluarganya untuk menuju kesejahteraan, maka atas prakarsa dari para pimpinan anggota darat tiap-tiap KODIM berangsur-angsur dan saling mengusul membentuk PUSKOPAD begitu juga tiap-tiap kesatuan administrasi pangkalan (SATMINKAL) untuk mempercepat pembentukan Koprasi Angkatan Darat sesuai tingkatan masing-masing. Selanjutnya sesuai PRIMKOPAD A-04 KODIM 0703 Cilacap.



B.     Struktur Organisasi

C.    Tata Tertib
1.      Tata tertib kantor koprasi primer angkatan darat KODIM
Bahwa dalam rangka pelaksanaan bekerja penerapan dalam satu minggu lima hari bekerja
a.    Apel pagi dan apel siang dilaksanakan di lapangan kodim
b.    Apel Pagi
Hari senin-kamis             : Pukul 07.00 WIB
Hari Jum’at                     : Pukul 15.30 WIB
c.    Apel Siang
Hari senin – kamis           : Pukul 14.30 WIB
Hari Jum’at                     : Pukul 15.30 WIB
d.   Penggunaan Pakaian Dinas (Minggu biasa)
Hari senin – kamis           : Pakaian Dinas Harian (PDH)
Hari Jum’at                     : Pakaian Olahraga
e.    Penggunaan pakaian dinas (minggu militer)
Hari senin-jum’at            : Pakaian Dinas Lapangan (PDL)
(minggu militer dalam satu bulan satu kali diambil minggu terakhir yang harinya genap tujuh hari)
2.      Tata tertib siswa
a.    Mematuhi peraturan dan tata tertib yang belaku di perusahaan tempat melaksanakan prkatek
b.    Berada ditempat praktek 15 menit sebelum praktek dimulai
c.    Minta ijin kepada pembimbing/pimpinan unit apabila berhalangan hadir
d.   Menggunakan seragam yang ditentukan oleh sekolah
e.    Mengisi daftar hadir
f.     Berada ditempat kerja selama praktek
g.    Memberikan salam pada waktu datang dan mohon diri pada saat akan pulan
h.    Membersihkan dan mengatur kembali peralatan dengan rapih seperti semula bila akan meninggalkan tempat
i.      Membersihkan tempat kerja sebelum kerja
j.      Meninggalkan tempat kerja dalam keadaan bersih dan rapih.

D.    Jam Kerja
1.      Jam kerja pegawai kantor koprasi primer angkatan darat kodim 0703 adalah sebagai berikut:
Hari senin – kamis               : Pukul 07.00 – 14.00 WIB
Hari Jum’at                          : Pukul 07.00 – 11.00 WIB
Hari sabtu – minggu            : Libur
Jam istirahat                         : Pukul 12.00 - 12.30  WIB
2.      Jam kerja siswa
Hari senin – kamis               : Pukul 07.00 – 14.00 WIB
Hari Jum’at                          : Pukul 07.00 – 11.00 WIB
Hari sabtu – minggu            : Libur
Jam istirahat                         : Pukul 12.00 - 12.30  WIB
E.     Denah Lokasi




BAB IV
PEMBAHASAN

Praktek latihan kerja pada unit toko
1.      Mengelola sisa persediaan barang bulan Januari 2011
Adapun bagan siswa persediaan barang adalah sebagai berikut:
No
Nama Barang
Persediaan awal 2011
Pembelian awal 2008
Persediaan akhir 2011
HPP
Penjualan bulan Juni 2011
R/L
Retur
Jml
@
Rp
Jml
@
Rp
Jml
@
Rp
Jml
Rp
1
2
3
4
5
6
7
8
9



















Cara untuk mengelola sisa persediaan barang adalah sebagai berikut:
a)      Persediaan awal bulan juni 2011 adalah persediaan akhir bulan Januari 2011
b)      Untuk kolom pembeli awal dilihat pad abukti pembeliaan yang isinya adalah transaksi pembelian yang telah dilakukan
c)      Seperti pada kolom pembeliaan. Untuk mengisi kolom penjualan juga dilihat pada bukti penjualan bulan yang bersangkutan
d)     Kolom retur diisi apabila terjadi pengembalian barang tehadap barang yang dibeli
e)      Untuk menghitung persediaan akhir adalah persedian awal (+) pembeliaan awal (-) penjualan. Pada kolom harga satuan (@) diisi harta satuan tertinggi. Antara persediaan awal dan pembeliaan awal  untuk masing-masing baris
f)       Menghitung HPP yaitu:
Persediaan awal          Rp ....................
Pembeliaan awal         Rp ....................+
                                                                  Rp....................
                                   Persedian Akhir     Rp....................
                                   Retur                      Rp.....................-
g)      Menghitung R/L yaitu:
Penjualan                    Rp..........................
HPP                            Rp.......................... –

2.      Mengelola Buku Besar
Fungsi buku besar adalah:
a.       Untuk memindahkan neraca akhir pada proses setelah rekapitulasi kas.
b.      Untuk membubukan jenis perkiraan setelah proses pembukuan tahun buku sebagai neraca awal.
c.       Untuk menyusun neraca perubahan.
Adapun contoh buku besar adalah sebagai berikut:
Nama perkiraan         :                              No. Perkiraan         :
Tahun Buku               :                              Halaman                 :

Tanggal

Keterangan

Ref

D

K
saldo
D
K







Mengelola sub buku besar :
Pada dasarnya sub buku besar sama dengan buku besar hanya saja sub buku besar lebih terinci pengerjaannya kareana disertai saldo pada setiap tanggal transaksi. Akan tetapi sub buku besar yang digunakan pada pembukuan primkopad A-04 hanya meliputi 3 akun yaitu: akun kas pengerediaan dan harta

3.      Mengelola neraca lajur
Hal –hal yang perlu diperhatikan dalam mebuat neraca lajur sebagai berikut:
a.       Kolom nomor dan nama
Diisi nomor dan nama yang terdapat pada data buku besar.
b.      Kolom neraca percobaan
Diisi dengan saldo-saldo neraca awal debet ditambah dengan saldo neraca perubahan debet begitu juga sebaliknya
c.       Kolom neraca saldo
Diisi dengan saldo antara debet dan kredit pada kolom neraca percobaan
d.      Kolom neraca penyesuaian/accussment
Diisi dengan saldo yang diambil dari persediaan awal ditambah pembelian dikurangi persediaan akhir
e.       Kolom neraca setelah diperbarui
Diisi dengan saldo dari neraca saldo setelah diadakan penyesuaian
f.       Kolom Laba Rugi
Diisi dengan saldo akun pendapatan dan biaya dari neraca yang sudah diperbaharui
g.      Kolom neraca akhir
Diisi dengan saldo neraca yang sudah diperlajari setelah diadakan perhitungan laba rugi dengan selisih yang sama
4.      Mengisi nota penjualan tunai
Digunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan tunai pada unit toko PRIMKOPAD A-04
Cara pengisian nota penjualan tunai sbb:
a.       Mencatat tanggal, bulan dan tahun penjualan
b.      Mencatat jumlah dan nama barang yang dibeli
c.       Mencatat harga satuan dan harga keseluruhan barang yang dibeli
Contoh:

Komando Distrik Militer 0703
Primer Koperasi A – 04
Nota Penjualan Cash
Kepada:
No
Macam barang
Harga/Rp
Jumlah








                                                         Cilacap,
             Yang Menerima                  Bagian Penjualan

           _______________               _______________
Contoh nota penjualan tunai:



5.      Mengisi Nota Penjualan Kredit:
Digunakan untuk menjatat semua transaksi penjualan secara kredit pada unit toko PRIMKOPAD A-04
Cara pengisian nota penjualan kredit sbb:
a.       Mengisi nama, pangkat NRP dan No urut Anggota koprasi
b.      Mencatat jumlah dan nama barang yang dibeli secara kredit
c.   Bagian penjualan diisi nama terang dan tanda tangan sebagai bukti telah mencatat nota penjualan kredit
d.      Mencatat harga satuan dan harga keseluruhan barang yang dibeli secara kredit
e.   Meminta tanda tangan anggota koprasi sebagai tanda bukti telah melakukan pembeliaan secara kredit
f.    Contoh bagan nota penjualan kredit  


Satuan
Macam barang
Harga (Rp)
jumlah










Jumlah

                                                         Cilacap,
             Yang Menerima                  Bagian Penjualan

           _______________               _______________

6.      Melayani pembeliaan di koprasi primer angkatan darat



BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di PRIMKOPAD A-04 Kabupaten Cilacap, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
a.       Koperasi Primer Angkatan darat Berdiri pada tanggal 9 Juli 1994 berdasarkan keputusan MENPANGAD No.361.7
b.      Koperasi Primer Angkatan Darat didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup seluruh anggota TNI khususnya Angkatan Darat
c.       Pengelaman kerja lapangan adalah suatu kegiatan kurikulum yang harus diikuti oleh siswa menengah kejuruan (SMK) sebagai wahana untuk lebih memantapkan hasil belajar sekaligus memberikan kesempatan mendiami dan menghayati kemampuan hasil tersebut dalam situasi dan kondisi kerja sesungguhnya
d.      Pengalaman kerja lapangan bertujuan agar siswa memiliki pengalaman dan wawasan kemampuan dasar untuk kerja dan menyesuaikan diri dari dunia kerja

B.     Saran
Setelah pelaksanaan praktek kerja lapangan/industri (Prakerin) ini penulis dapat menulis beberapa saran antara lain:
1.      Bagian perusahaan
a.       Diharapkan perusahaan terus meningkatkan kedisiplinan yang lebih baik lagi.
b.      Lebih mendekatkan diri kepada karyawan dan teruslah menjalin silaturrahmi yang baik dengan karyawan yang masih bekerja maupun sudah tidak bekerja



2.      Bagi sekolah
a.       Diharapkan sekolah menambah atau melengkapi alat praktek agar lebih lengkap lagi

b.      Diharapkan sekolah untuk tahun kedepannya para peserta didik dicarikan tempat PSG agar para siswa tidak kewalahan/tidak bngung pada saat mencari tempat PSG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar