LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
PRIMKOPAD
A-04 KABUPATEN CILACAP
Jl.
Jendral Soedirman – Cilacap
Disusun
dan diajukan untuk melengkapi salah satu syarat
Mengikuti
UN (Ujian Nasional) pada sekolah Menengah Kejuruan
Boedi
Oetomo 2 Gandrungmangu
Tahun
Ajaran 2015/2016
Disusun
Oleh :
Nama :
Siti Nur Halimah
NIS :
141515211
Kelas :
XI Akuntansi 5
Bid. Keahlian :
Akuntansi
Prog. Keahlian :
Bisnis dan Management
YAYASAN
KADER PENERUS TEKNOLOGI (YKPT)
SMK
BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU
Jl.
Raya Gandrungmangu No. 200 Gandrungmangu, Cilacap (53254)
TAHUN
PELAJARAN 2015/ 2016
SMK
BOEDI OETOMO 2 GANDRUNGMANGU
Jl.
Raya Gandrungmangu No. 200 Telp. (0280) 6260666
PENGESAHAN
SEKOLAH
Laporan
ini disetujui dan disahkan untuk dapat diterima sebagai salah satu syarat dalam
mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN).
Disetujui dan disahkan
pada :
Hari :
Tanggal :
Menyetujui,
Ketua Program Keahlian Guru
Pembimbing
Ike
Tumiyatun, R, SE Eni Rosati, SE
Mengetahui,
Kepala
SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu
Dewan Twi
Kusumaningtyas, S.Hum
LEMBAR
PENGESAHAN INSTANSI
Laporan Praktek Kerja
Industri (Prakerin) ini telah disetujui dan disahkan pada:
Hari :
Tanggal :
Mengesahkan,
Pemimpin Instansi Pembimbing
Instansi
SISWOYO P.
EKO SUSANTI
NIP. NIP.
1969126919903 2 003
MOTTO
1.
Kesempatan tidak datang dua kali dan raihlah
cita-citamu setinggi langit.
2.
Awal dan ketentuan yang baik adalah harta yang
paling indah didunia.
3.
Gunakan pikiranmu itu, sebagai tanda kau masih
hidup.
4.
Never put off hill tomorrow what you can to day.
5.
Lebih baik terlambat dari pada tidak sama
sekali.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan hidayah-nya. Sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan prakek industri (prakerin) ini. Pada dasarnya tujuan
dibuatnya laporan prakerin ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam
mengikuti ujian nasional serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk
membaca dan memahami keadaan lingkungan diluar sekolah. Penulis berharap dengan
terselesaikannya laporan ini penulis dapat mengetahui lebih dalam mengenai
dunia kerja. Dalam hal ini penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada:
1. Dewan Twi Kusumaningtyas, S.Hum, selaku Kepala
SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu yang telah memberikan kesempatan kepada kami
untuk melaksanakan PSG.
2. Ike Tumiyatun, SE selaku Kepala Jurusan.
3. Eni Rosati, SE, selaku guru pembimbing.
4. Siswoyo, selaku pemimpin instansi PRIMOPAD
A-04.
5. P.
eko Susanti, selaku pembimbing instansi PRIMOPAD A-04.
6. Orang
tua yang telah membantu dalam penyusunan laporan prakerin.
7. Semua
pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan prakerin.
Sudah tentu kekurangan
akan terdapat dalam laporan ini, karena itu saran dan kritik yang sifatnya
membangun.
Gandrungmangu,.....................................2016
Penulis
Siti
Nur Halimah
DAFTAR
ISI
HALAM JUDUL.................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH........................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN INSTANSI........................................... iii
MOTTO................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR............................................................................ v
DAFTAR ISI.......................................................................................... vi
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah.............................................................. 1
C.
Tujuan
dan Manfaat........................................................... 1
BAB II
KAJIAN TEORI
A.
Prinsip
Kerja....................................................................... 2
B.
Cara
Kerja.......................................................................... 2
C.
Klasifikasi.......................................................................... 3
BAB III PROFIL PERUSAHAAN
A.
Sejarah
Perusahaan............................................................. 5
B.
Struktur
Organisasi............................................................ 6
C.
Tata
Tertib.......................................................................... 6
D.
Jam
Kerja........................................................................... 7
E.
Denah
lokasi....................................................................... 8
BAB IV PEMBAHASAN
1.
Mengelola
Sisa Persediaan ................................................ 9
2.
Mengelola
Buku Besar....................................................... 10
3.
Mengelola
neraca lajur....................................................... 10
4.
Mengisi
nota penjualan tunai............................................. 11
5.
Mengisi
Nota Penjualan Kredit.......................................... 12
6.
Melayani
pembelian........................................................... 12
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan........................................................................ 13
B.
Saran.................................................................................. 14
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kemajuan zaman
semakin maju maka harus siap bersaing dalam dunia bisnis, begitu juga dalam
pendidikan harus berjalan bersamaan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu
setiap sekolah menengah kejuruan untuk dapat mempersiapkan anak didiknya untuk
persaingan di dunia bisnis.
Program Praktek
Kerja Industri juga diharapkan bisa meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan
pengguna tenaga kerja. Program Praktek Kerja Industri juga diharapkan bisa
menjadi pedoman bagi siswa yang tidak melanjutkan kejenjang berikutnya dan bisa
bekerja sehingga di lapangan kerja sudah telatih dengan demikian program
prakerin sangat berperan penting bagi siswa.
B.
Rumusan
Masalah
Setelah penulis
melaksanakan prakerin maka penulis dapat merumuskan beberapa masalah antara
lain:
1. Bagaimana
cara mengelola persediaan barang bulan januari 2016?
2. Bagaimana
cara mengelola buku besar?
3. Bagaimana
cara mengelola neraca lajur?
4. Bagaimana
cara pengisian nota penjualan tunai?
5. Bagaimana
cara pengisian nota penjualan kredit?
C.
Tujuan
1. Meningkatkan
pengetahuan dan efisiensi siswa dalam dunia kerja.
2. Memperoleh
link dan maech (berkaitan dan kesepadanan antara sekolah dan dunia Usaha)
3. Menghasilkan
calon tenaga kerja yang terampil, tingkat pengetahuan yang cukup serta etos
kerja yang sesuai dan tuntutan lapangan
kerja.
4. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan yang berkaualitas serta professional.
5. Menghayati
suasana IKUM kerja dalam situasi yang sesungguhnya.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
A.
PRINSIP
KERJA
Prinsip
Praktek Kerja Industi di Kantor Koperasi Primer Angkatan Darat Kodim 0703
Kabupaten Cilacap Pelaksanaan Prakerin menggunakan system secara Rolling yakni
siswa Praktek Kerja Industri dibagi dalam kelompok, masing-masing siswa bekerja
sesuai bidang yang ditugasi oleh pembimbing.
Ada
dua bidang yang dibagi dalam kelompok siswa praktek kerja industi yaitu:
1. Bidang
penjualan Koperasi Kodim 0703
2. Bidang
di dalam Kantor Kodim 0703
Siswa
Prakerin lima hari dalam satu minggu di Kantor Koperasi Primer angkatan darat
kodim 0703 dan prisip pelaksanaan prtaktek kerja industry pada SMK Boedi Oetomo
2 Gandrungmangu praktek kerja sesuai dengan jam kerja di dunia kerja.
B.
Cara
Kerja
Cara
kerja siswa prakerin di Kantor Primer Angkatan Darat Kodim 0703:
1. Jumlah
siswa prakerin SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu sejumlah 6 orang/siswa.
2. Masing-masing
siswa dikelompokan sesuai bidang yang ada di kantor kodim 0703.
3. Masing-masing
bidang ditempati 3 siswa.
4. Maing-masing
siswa bekerja sesuai dengan yang ditugasi.
5. Pekerjaan
yang dikerjakan siswa sesuai petunjuk dari kepala bidang/sub/ bidang dengan
bimbingan staf pada bidang yang bersangkutan.
6. Tugas
yang dikerjakan oelh siswa sesuai kemampuan dair jurusan yang dimiliki sesuai
sekolahnya.
7. Hasil
pekerjaan yang dihasilkan siswa diserahkan kepada staff bdiang yang
ditempati/diuji.
8. Hasil
penilaian terhadap pekerja yang dikerjakan siswa dinilai oleh kepala
bidang/kepala sub bidang dimana siswa bertugas.
C.
Kalsifikasi
Tugas
pokok dan tanggung jawab masingömasing jabatan pada PRIMKOPAD A-04
1. Tugas
dan tanggungjawab ketua
a. Memimpin,
koordinir dan mengendalikan serta mengawasi pelaksanaan tugas dan perka anggota
pengurus lainnya termasuk unit usaha.
b. Memimpin
Rapat Anggota / Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bertindak atas nama pengurus
menyajikan Renja RAPB tahun yang akan datang pada forum RA dan memberikan
laporan pertanggung jawaban selama satu bulan kerja berjalan revisi yang
diperlukan pada forum RAT.
c. Pemimpin
Rapat pengurus dan Rapat Pengurus dengan pimpinan unit usaha dan atau pengurus
d. Memberhentikan
keputusan akhir dalam kepengurusan koprasi dengan memberitahukan usul/saran
dari anggota pengurus lainnya.
2. Tugas
dan tanggungjawab komisaris urusan tehnik perkoperasian/ penjaualan
a. Menyampaikan
pertimbangan dan saran kepada ketua PRIMKOPAD mengenai hal-hal yang berhubungan
dengan bidang tugasnya.
b. Melaksanakan
pembinaan, pengawasan dan pemeliharaan barang dan teknik berkoprasian pada
PRIMKOPAD.
c. Bersama
ketua mengesankan surat-surat / notulen rapat dan surat tertentu lainnya yang
berhubungan dengan organisasi perkoperasian.
3. Tugas
dan tanggungjawab komisaris urusan usaha (komisaris)
a. Menyampaikan
pertimbangan dan saran kepada primkopad mengenai hal – hal yang berhubungan
dengan tugasnya.
b. Menatap,
mengendalikan dan mengembangkan kegiatan
anggota maupun kepentingan umum.
c. Merintis
usaha-usaha dibidang perdagangan umum, produksi industri dan jasa menyangkut kebutuhan
konsumsi anggota dan masyarakt pada umumnya.
d. Meningkatkan
dan mengembangkan usaha-usaha dengan mitra baik untuk kepentingan anggota –
anggota masyarakat pada umumnya.
4. Tugas
dan tanggungjawab Komisaris Urusan Perbenderaan (Komurben)
a. Menyiapkan
pertimbangan dan saran kepada ketua primkopad mengenai hal-hal yang berhubungan
dengan tugasnya.
b. Menyelenggarakan
pembinaan system administraasi dan pembukuan keuangan pada primkopad.
c. Mengumpulkan,
mengolah dan menyajikan data/keterangan bidang administrasi perbendaraan,
5. Tugas
dan tanggungjawab Kelompok Administrasi (Pokmin)
a. Menyelenggarakan
administrasi dan surat menyurat serta ketatausahaan kantor primkopad.
b. Menyelenggarakan
administrasi peningkatan keterampilan personil primkopad dan menerangkan
perkoprasian di lingkungan
c. Mengatur
administrasi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kepada primpokad.
6. Tugas
dan tanggungjawab Unit Usaha
a. Untuk
usaha primkopad adalah Badan Pelaksanaan Usaha perkoprasian yang melaksanakan
pengurusan usaha produksi dan jasa termasuk pelayanan kepada anggota.
b. Peraturan
dan pedoman kerja yang menyangkut kedudukan dan kewajiban serta wewengan para
manager untuk ditempatkan tersendiri dengan surat keputusan pengurus.
BAB
III
PELAKSANAN
KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A.
Sejarah
Perusahaan
Sejarah singkat berdirinya
PRIMKOPAD A-04 Kodim 0703.
Sebelum
terbentuknya PRIMKOPAD (Primer Koperasi Angkatan Darat) sebenarnya telah
berdiri koprasi IKAT (Ikatan Kesejahteraan Anggota Tentara). Namun dengan
adanya kemajuan dan penyempurnaan maka IKAT DAM VII DIPONEGORO dihapus, sesuai
dengan Keputusan (Skep) Pang Dam VII Diponegoro/DIML NO.31/09/1967 tertanggal:
3 April 1967 yaitu tentang penghapusan tersebut.
Sesuai
dengan Ketetapan Mentri Panglima Angkatan Darat (MENPANGAD) yaitu Tap No.240-15
tertanggal 17 september 1963 dan instruksi No. 240-15 tanggal 17 september
berdirilah Pusat Koprasi Angkatan Darat (PUSKOPAD) dalam tubuh organisasi, maka
Koprasi Angkatan Darat (KOPAD) ditetapkan dan Angkatan Darat (AD) mempunyai
asas dan berdasarkan komando (terpimpin) sebagai salah satu usaha untuk mewujudkan kesejahteraan anggota
angkatan darat (AD) beserta seluruh anggotanya.
Tanggal
6 September 1969 koprasi angkatan darat berbadan hukum No. 139/49/A-04/1969
karena perkembangan dari masa kemasa sebelum KOPAD dibentuk IKAD, namun tidak
mengalami kemajuan maka pada saat itu pimpinan AD mengadakan musyawarah untuk
membicarakan angkatan darat diantaranya anggota dari keluarganya untuk menuju
kesejahteraan, maka atas prakarsa dari para pimpinan anggota darat tiap-tiap
KODIM berangsur-angsur dan saling mengusul membentuk PUSKOPAD begitu juga
tiap-tiap kesatuan administrasi pangkalan (SATMINKAL) untuk mempercepat
pembentukan Koprasi Angkatan Darat sesuai tingkatan masing-masing. Selanjutnya
sesuai PRIMKOPAD A-04 KODIM 0703 Cilacap.
C.
Tata
Tertib
1. Tata
tertib kantor koprasi primer angkatan darat KODIM
Bahwa dalam rangka pelaksanaan
bekerja penerapan dalam satu minggu lima hari bekerja
a. Apel
pagi dan apel siang dilaksanakan di lapangan kodim
b. Apel
Pagi
Hari senin-kamis : Pukul 07.00 WIB
Hari Jum’at : Pukul 15.30 WIB
c. Apel
Siang
Hari senin –
kamis : Pukul 14.30 WIB
Hari Jum’at : Pukul 15.30 WIB
d. Penggunaan
Pakaian Dinas (Minggu biasa)
Hari senin –
kamis : Pakaian Dinas Harian
(PDH)
Hari Jum’at : Pakaian Olahraga
e. Penggunaan
pakaian dinas (minggu militer)
Hari
senin-jum’at : Pakaian Dinas
Lapangan (PDL)
(minggu militer
dalam satu bulan satu kali diambil minggu terakhir yang harinya genap tujuh
hari)
2. Tata
tertib siswa
a. Mematuhi
peraturan dan tata tertib yang belaku di perusahaan tempat melaksanakan prkatek
b. Berada
ditempat praktek 15 menit sebelum praktek dimulai
c. Minta
ijin kepada pembimbing/pimpinan unit apabila berhalangan hadir
d. Menggunakan
seragam yang ditentukan oleh sekolah
e. Mengisi
daftar hadir
f. Berada
ditempat kerja selama praktek
g. Memberikan
salam pada waktu datang dan mohon diri pada saat akan pulan
h. Membersihkan
dan mengatur kembali peralatan dengan rapih seperti semula bila akan
meninggalkan tempat
i. Membersihkan
tempat kerja sebelum kerja
j. Meninggalkan
tempat kerja dalam keadaan bersih dan rapih.
D.
Jam
Kerja
1. Jam
kerja pegawai kantor koprasi primer angkatan darat kodim 0703 adalah sebagai
berikut:
Hari senin –
kamis : Pukul 07.00 – 14.00
WIB
Hari Jum’at : Pukul 07.00 – 11.00
WIB
Hari sabtu –
minggu : Libur
Jam istirahat : Pukul 12.00 - 12.30 WIB
2. Jam
kerja siswa
Hari senin – kamis :
Pukul 07.00 – 14.00 WIB
Hari Jum’at :
Pukul 07.00 – 11.00 WIB
Hari sabtu – minggu :
Libur
Jam istirahat :
Pukul 12.00 - 12.30 WIB
BAB
IV
PEMBAHASAN
Praktek latihan kerja pada unit toko
1. Mengelola
sisa persediaan barang bulan Januari 2011
Adapun bagan siswa persediaan
barang adalah sebagai berikut:
No
|
Nama Barang
|
Persediaan awal 2011
|
Pembelian awal 2008
|
Persediaan akhir 2011
|
HPP
|
Penjualan bulan Juni 2011
|
R/L
|
Retur
|
|||||||||||
Jml
|
@
|
Rp
|
Jml
|
@
|
Rp
|
Jml
|
@
|
Rp
|
Jml
|
Rp
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|||||||||||
Cara untuk mengelola sisa
persediaan barang adalah sebagai berikut:
a) Persediaan
awal bulan juni 2011 adalah persediaan akhir bulan Januari 2011
b) Untuk
kolom pembeli awal dilihat pad abukti pembeliaan yang isinya adalah transaksi
pembelian yang telah dilakukan
c) Seperti
pada kolom pembeliaan. Untuk mengisi kolom penjualan juga dilihat pada bukti
penjualan bulan yang bersangkutan
d) Kolom
retur diisi apabila terjadi pengembalian barang tehadap barang yang dibeli
e) Untuk
menghitung persediaan akhir adalah persedian awal (+) pembeliaan awal (-)
penjualan. Pada kolom harga satuan (@) diisi harta satuan tertinggi. Antara
persediaan awal dan pembeliaan awal
untuk masing-masing baris
f) Menghitung
HPP yaitu:
Persediaan awal Rp ....................
Pembeliaan awal Rp ....................+
Rp....................
Persedian
Akhir Rp....................
Retur Rp.....................-
g) Menghitung
R/L yaitu:
Penjualan Rp..........................
HPP Rp..........................
–
2. Mengelola
Buku Besar
Fungsi buku besar adalah:
a. Untuk
memindahkan neraca akhir pada proses setelah rekapitulasi kas.
b. Untuk
membubukan jenis perkiraan setelah proses pembukuan tahun buku sebagai neraca
awal.
c. Untuk
menyusun neraca perubahan.
Adapun
contoh buku besar adalah sebagai berikut:
Nama perkiraan : No.
Perkiraan :
Tahun Buku : Halaman :
Tanggal
|
Keterangan
|
Ref
|
D
|
K
|
saldo
|
|
D
|
K
|
|||||
Mengelola sub buku besar :
Pada dasarnya sub buku besar sama
dengan buku besar hanya saja sub buku besar lebih terinci pengerjaannya kareana
disertai saldo pada setiap tanggal transaksi. Akan tetapi sub buku besar yang
digunakan pada pembukuan primkopad A-04 hanya meliputi 3 akun yaitu: akun kas
pengerediaan dan harta
3. Mengelola
neraca lajur
Hal –hal yang perlu diperhatikan
dalam mebuat neraca lajur sebagai berikut:
a. Kolom
nomor dan nama
Diisi nomor dan nama yang terdapat
pada data buku besar.
b. Kolom
neraca percobaan
Diisi dengan saldo-saldo neraca awal
debet ditambah dengan saldo neraca perubahan debet begitu juga sebaliknya
c. Kolom
neraca saldo
Diisi dengan saldo antara debet dan
kredit pada kolom neraca percobaan
d. Kolom
neraca penyesuaian/accussment
Diisi dengan saldo yang diambil
dari persediaan awal ditambah pembelian dikurangi persediaan akhir
e. Kolom
neraca setelah diperbarui
Diisi dengan saldo dari neraca
saldo setelah diadakan penyesuaian
f. Kolom
Laba Rugi
Diisi dengan saldo akun pendapatan
dan biaya dari neraca yang sudah diperbaharui
g. Kolom
neraca akhir
Diisi dengan saldo neraca yang
sudah diperlajari setelah diadakan perhitungan laba rugi dengan selisih yang
sama
4. Mengisi
nota penjualan tunai
Digunakan untuk mencatat semua
transaksi penjualan tunai pada unit toko PRIMKOPAD A-04
Cara pengisian nota penjualan tunai
sbb:
a. Mencatat
tanggal, bulan dan tahun penjualan
b. Mencatat
jumlah dan nama barang yang dibeli
c. Mencatat
harga satuan dan harga keseluruhan barang yang dibeli
Contoh:
Komando Distrik
Militer 0703
Primer Koperasi A –
04
Nota
Penjualan Cash
Kepada:
Cilacap,
Yang
Menerima Bagian
Penjualan
_______________ _______________
|
5. Mengisi
Nota Penjualan Kredit:
Digunakan untuk menjatat semua
transaksi penjualan secara kredit pada unit toko PRIMKOPAD A-04
Cara pengisian nota penjualan
kredit sbb:
a. Mengisi
nama, pangkat NRP dan No urut Anggota koprasi
b. Mencatat
jumlah dan nama barang yang dibeli secara kredit
c. Bagian
penjualan diisi nama terang dan tanda tangan sebagai bukti telah mencatat nota
penjualan kredit
d. Mencatat
harga satuan dan harga keseluruhan barang yang dibeli secara kredit
e. Meminta
tanda tangan anggota koprasi sebagai tanda bukti telah melakukan pembeliaan
secara kredit
f. Contoh bagan nota penjualan kredit
Cilacap,
Yang
Menerima Bagian
Penjualan
_______________ _______________
|
6. Melayani
pembeliaan di koprasi primer angkatan darat
BAB
V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan Prakerin
(Praktek Kerja Industri) di PRIMKOPAD A-04 Kabupaten Cilacap, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
a. Koperasi
Primer Angkatan darat Berdiri pada tanggal 9 Juli 1994 berdasarkan keputusan
MENPANGAD No.361.7
b. Koperasi
Primer Angkatan Darat didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup seluruh
anggota TNI khususnya Angkatan Darat
c. Pengelaman
kerja lapangan adalah suatu kegiatan kurikulum yang harus diikuti oleh siswa
menengah kejuruan (SMK) sebagai wahana untuk lebih memantapkan hasil belajar
sekaligus memberikan kesempatan mendiami dan menghayati kemampuan hasil
tersebut dalam situasi dan kondisi kerja sesungguhnya
d. Pengalaman
kerja lapangan bertujuan agar siswa memiliki pengalaman dan wawasan kemampuan
dasar untuk kerja dan menyesuaikan diri dari dunia kerja
B.
Saran
Setelah pelaksanaan praktek kerja
lapangan/industri (Prakerin) ini penulis dapat menulis beberapa saran antara
lain:
1. Bagian
perusahaan
a. Diharapkan
perusahaan terus meningkatkan kedisiplinan yang lebih baik lagi.
b. Lebih
mendekatkan diri kepada karyawan dan teruslah menjalin silaturrahmi yang baik
dengan karyawan yang masih bekerja maupun sudah tidak bekerja
2. Bagi
sekolah
a. Diharapkan
sekolah menambah atau melengkapi alat praktek agar lebih lengkap lagi
b. Diharapkan
sekolah untuk tahun kedepannya para peserta didik dicarikan tempat PSG agar
para siswa tidak kewalahan/tidak bngung pada saat mencari tempat PSG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar